smak1-start

Welcome To SMAK 1 BPK Penabur Jakarta

Welcome To SMAK 1 PENABUR

Hi SMUKIERZ, kali ini tulisan kita khusus ditujukan bagi kalian baru masuk di komunitas SMAK 1 BPK Penabur Jakarta! Pertama – tama, saya mau ucapin selamat karena kalian sudah bisa diterima di salah satu SMA terbaik di Indonesia. Tentunya, saya mengharapkan kalian bisa menikmati 3 tahun masa belajar di SMAK 1. Agar kalian dapat menikmati pembelajaran kalian, disini saya mau share beberapa info dan tips mengenai belajar di SMAK 1. Welcome to SMAK 1!

SMAK 1 itu gak sesusah apa yang terdengar diluar loh!

Ok, mitos pertama yang kalian dengar sebelum masuk SMAK 1 pastilah SMAK 1 itu sekolahnya susah banget dan anak – anaknya no life banget dan kerjaannya belajar terus. Saya kasih tahu itu salah total! Nih buktinya ya, kita mengadakan salah satu cup terbesar di Jakarta yang meriah banget dan gaul banget. Lalu di SMAK 1 banyak juga kok yang main game, gak cuman belajar doang!

Tapi tetep harus diinget sebagai salah satu SMA terbaik di Indonesia, memang tingkat kesulitan pelajaran di SMAK 1 lebih susah dari sekolah pada umumnya, namun jangan kuatir ketika kalian bisa diterima di sekolah ini artinya kalian dinilai memiliki kemampuan untuk dapat belajar disini.

TIPS dan TRIK belajar di SMAK 1

Oke, bagian paling seru, di bagian ini saya akan bagikan beberapa kebiasaan yang kalian bisa terapkan agar pembelajaran kalian lancar.

1. Jangan pernah lengah

Di SMAK 1, terkadang ada waktu dimana kalian bisa sangat santai dan kosong biasanya di awal semester dan minggu setelah mid semester. Kemudian di akhir semester akan padat dengan ulangan. Kondisi ini sering kali membuat kita terbawa suasana. Di saat seperti ini waktu luang yang kalian punya sebaiknya digunakan untuk membaca materi – materi yang akan datang cukup beri waktu sedikit mungkin 30 menit – 1 jam untuk mempersiapkan diri menghadapi materi selanjutnya.

2. Hindari sistem kebut semalam

Biasakanlah mereview materi yang diajarkan disekolah saat sampai dirumah terutama untuk mata pelajaran yang sulit misal matematika, fisika, kimia dan biologi. Soal – soal yang diberi disekolah dikerjakan ulang tanpa melihat jawaban dari guru, setelah itu baru dicocokan dengan kunci yang diberikan. Jika mengalami kesulitan catat di buku khusus agar bisa ditanyakan ke guru yang bersangkutan di hari berikutnya. Menjelang ulangan untuk semua ulangan hitungan pastikan kalian tidur sebelum jam 9 malam agar memastikan kondisi tubuh kalian fit. Jika kalian sudah mereview dari jauh – jauh hari dijamin kalian bisa tidur sebelum jam 9 malam.

3.Les boleh, Tetapi jangan bergantung pada les

Jika kalian mengalami kesulitan di sekolah jangan sungkan untuk mencari tempat les, atau kalau mau yang gratis cari kakak kelas yang mau ngajarin (banyak kok!! hahahahaha). Tapi jangan hanya belajar di les, karena seringkali kita merasa bisa saat di les tapi pas ulangan blank. Sepulang dari les ulanglah lagi soal-soal latihan yang diberi. Fokuskan latihan pada ulangan tahun sebelumnya dan/atau latihan ulangan dari guru yang bersangkutan. Jika tidak ada latihan soal, kalian bisa melihat contoh soal di buku cetak dan uji kompetensi.

4.Minta Soal Tahun lalu

Kalau kalian bisa mintalah soal – soal ulangan tahun lalu dari kakak kelas kalian dan jadikan sebagai bahan latihan sebelum ulangan.

5. Jangan remedial!

2 kerugian kalau remedial. Pertama nilai kalian hanya sebatas KKM artinya kalian tidak punya tabungan untuk menutup kalau nilai kalian jeblok di masa depan, Dua tidak ada pembatasan remedial sementara ulangan maksimum 2 per hari jadi bisa saja ulangan mat dan fisika lalu kalian remed biologi dan kimia

Daily Timetable SAMPLE

daily-schedule-welcome-to-smak-1

Mengatur jadwal dengan baik adalah salah satu kunci sukses di SMAK 1.

04.30 AM Bangun

04.45 AM One Bible One Year

05.15 AM Mandi dan Sarapan

05.30 AM Berangkat

06.00 AM Sampai Di Sekolah

06.30 AM Mulai KBM

03.15 PM Pulang

04.00 PM Sampai Di Rumah, Mandi

04.30 PM Belajar

06.00 PM Makan Malam

06.30 PM Main/ Lanjut Belajar

09.00 PM Saat Teduh

09.30 PM Tidur

Sekian untuk artikel kali ini, selamat menikmati belajar di SMAK 1! Welcome to SMAK 1!

 

P.S: Jangan lupa join START :p