Warnai Harimu dengan Spotify Playlist SMAK 1

Halo Smukierz! Mungkin kita belum pernah merasakan era dimana diperlukannya perangkat yang “canggih” untuk mendengarkan musik yang jernih. Untungnya, di era digital kini mendengarkan musik menjadi semakin mudah. Selain karena peralatan mendengar musik yang berkembang terus-menerus, mendengarkan musik juga dipermudah dengan banyak fasilitas untuk mendapatkan musik secara legal, salah satunya dengan menggunakan Spotify.

Klik Link: http://smakone.org/url/playlist/ untuk segera melihat playlist!

Apa itu Spotify?


Spotify sendiri merupakan sebuah media streaming  music online yang sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu. Spotify menjadi sarana untuk para musisi dan penggiat dunia industri musik untuk mendapatkan keuntungan dari karya mereka tanpa menjualnya secara langsung. Umumnya, musik asli seringkali diasosiasikan dengan musik berbayar, dimana pendegar harus membayar sejumlah uang untuk mendengarkan musik. Tapi, dengan media seperti Spotify, masyarakat luas dapat mendengar musik secara gratis sekaligus mengapresiasi kerja keras musisi yang kita dengarkan, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Multi-Platform secara tidak langsung sudah menjadi kewajiban untuk media online yang ingin dikenal secara luas. Hal ini mungkin diakibatkan karena luasnya rentang usia, negara, dan sosial budaya yang dapat mempengaruhi pilihan perangkat elektronik dalam pasar. Oleh karena itu, Spotify hadir secara resmi dalam untuk berbagai perangkat yang mendukung sistem operasi Android, iOS, Windows, MacOS, dan juga Linux. Jadi, teman-teman dapat mengakses layanan streaming musik Spotify dengan berbagai perangkat yang kalian punya.

Mungkin teman-teman bertanya bagaimana musisi dapat diuntungkan dengan skema musik gratis seperti ini.  Walaupun tidak menjual musik secara langsung, spotify dapat meraup keuntungan tersendiri melalui iklan-iklan dan juga layanan premium yang ditawarkan. Tentunya, mereka yang berlangganan fitur ini akan mendapat lebih banyak fitur, seperti dapat mengunduh lagu dan memutar lagu dalam album dengan tidak random. Dengan kata lain, fitur gratis dari spotify merupakan batasan yang diberikan agar pelanggan membeli fitur premium jika mereka suka dengan aplikasi ini.

Manfaat Spotify untuk Penggiat Industri Musik

Daniel EK, CEO spotify, saat memaparkan pandangan Spotify terhadap pentingnya musik original.

Untuk beberapa dekade terakhir ini, pembajakan sudah menjadi musuh utama dari pembuat konten digital, yang tidak terlepas dari para musisi sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh pembagian file musik secara ilegal melalui layanan Peer to Peer (P2P) yang biasa kita kenal dengan torrent dan juga situs download yang sudah lama menjadi musuh bersama para pembuat konten. Untuk itu, diperlukan sebuah cara untuk menumpas kerugian akibat pembajakan yang terjadi.

Namun pada kenyataannya, melawan pembajakan tidak lah mudah dan menjadi suatu dilema. Pada umumnya, para pencinta musik melakukan pembajakan karena kesulitan dalam mendapatkan sumber legal untuk mendengar musik, dan akhirnya memutuskan untuk mengunduh file musik secara ilegal dengan berbagai cara. Bagaimanapun juga, tentunya para pembuat konten membutuhkan suatu fan base yang mengapresiasi karya mereka juga. Oleh karena itu, media streaming online yang dapat menghasilkan pendapatan seperti YouTube dan Spotify dapat menjadi pilihan para musisi.

Dengan menggunakan media-media streaming ini, para musisi dapat menhasilkan pendapatan sembari membangun fan base. Jika sudah mempunyai suatu fan base yang kuat, tentu kedepannya saat mereka ingin mengeluarkan karya baru sudah ada mereka yang siap mengapresiasi kerja mereka. Manfaat dari media-media online ini juga diperkuat oleh contoh nyata, dimana banyak musisi yang berkarir sukses yang mengawalinya dari media streaming seperti Youtube. Walaupun demikian, tidak dapat disangkal masih banyak juga musisi yang menolak menggunakan Spotify karena dianggap memberikan royalti yang sangat kecil.

Mengapa Pelajar Sekolah Butuh Spotify?

Koleksi musik Spotify dapat menjadi pilihan untuk mengisi keheningan waktu belajar.

Sebagai pelajar di masa yang cepat ini, tentunya kehidupan kita sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah cenderung sangat padat. Oleh karena alasan tersebut, tentunya kita membutuhkan cara yang cepat dan tepat untuk melaksanakan hobi kita di tengah kehidupan sehari-hari sebagai pelajar.

Tentunya, ini tidak terlepas dari hobi mendengar musik untuk kita yang gemar melakukannya. Hal ini tentunya dapat menjadi salah satu alasan untuk kita menggunakan Spotify atau media streaming musik legal lainnya ketimbang membelinya secara langsung dengan keuangan kita yang terbatas. Selain itu, kita juga dapat belajar menghargai karya-karya dari musisi yang ada. Misalkan saja jika semua musisi tidak mendapatkan pendapatan dari karya mereka karena pembajakan, tetunya tidak akan ada banyak musik baru lagi. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mengapresiasi musisi-musisi yang kita sukai dengan tidak membajak karya mereka.

Manfaat Menggunakan Spotify untuk Pelajar

Musik yang tepat dapat membantu kita untuk meningkatkan fokus saat belajar.

Jika ditinjau dari kebutuhan pelajar terhadap musik legal dari layanan streaming musik online, kita dapat mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Kita dapat mencari berbagai macam lagu untuk didengarkan. Spotify memiliki koleksi lagu yang sangat banyak, mulai lagu klasik, indie, hingga EDM. Layanan mereka sendiri sudah terkenal dengan koleksi musik indie yang lebih banyak dari kompetitor.
  • Musik dapat digunakan sebagai peneman belajar kita sebagai pelajar. Selain meredakan stress, berbagai studi sudah menunjukkan khasiat mendengarkan musik dalam belajar. Hal ini dikarenakan karena musik dapat mengkondisikan otak ke gelombang tertentu.
  • Spotify untuk perangkat handphone dapat menjadi sarana portabel untuk mendengarkan musik. Dengan handphone, tentunya kita akan lebih mudah mendengarkan musik, karena dengan satu perangkat yang cenderung kecil, kita sudah dapat mengakses ratusan ribu hingga jutaan lagu untuk di stream.
  • Playlist Spotify yang dapat didengarkan sesuai mood, dapat mewarnai hari-hari pelajar sesuai dengan kondisi mereka. Mungkin teman-teman sering merasakan nilai ulangan bagus, remedial, klasikal, atau mungkin juga depresi? Dengan koleksi lagu spotify yang luas teman-teman dapat merenungkannya semuanya itu, terlebih lagi dengan Spotify Playlist SMAK 1.

Spotify Playlist SMAK 1

 

Untuk memenuhi kebutuhan musik siswa-siswa SMAK 1, kami telah membuat sebuah playlist spotify yang dipilih langsung secara manual. Playlist ini bertujuan untuk merekomendasikan berbagai lagu yang kami rasa cocok untuk didengarkan untuk easy-listening dan juga untuk menemani teman-teman belajar. Selain itu, playlist spotify kami akan tersedia untuk beberapa mood, sehingga teman-teman dapat memilih lagu yang cocok untuk didengar dengan lebih mudah.

Kami telah meluncurkan edisi pertama dari Spotify playlist SMAK 1 ini pada hari Selasa, 21 Februari 2017 ini. Untuk kedepannya, tentu kami memerlukan masukan dari teman-teman smukierz agar lagu dalam playlist kami tetap relevan terhadap selera musik murid-murid SMAK 1. Jika tidak demikian, tentunya selera musik yang subjektif dan beragam tidak akan tergeneralisir dengan baik untuk kita semua. Inilah mengapa kami memerlukan masukkan, karena kumpulan pendapat subjektif akan menjadi sesuatu yang objektif. Untuk memberikan feedback, teman-teman dapat menggunakan link http://gg.gg/spotifyfeedback.

Untuk mengakses Spotify playlist SMAK 1, teman-teman harus mendaftarkan diri sebagai member Spotify dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan e-mail sampai menggunakan akun Facebook untuk connect. Setelah mendaftar, smukierz dapat menggunakan link http://smakone.org/url/playlist/ untuk mempermudah akses ke playlist kami. Untuk tambahan, kami juga akan menambahkan widget Spotify playlist SMAK 1 pada halaman website ini untuk agar mudah diakses secara langsung. Akhir kata, kami berharap playlist ini dapat meningkatkan semangat kita semua dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, terutama dalam proses belajar yang merupakan kodrat kita sebagai pelajar.