From China with Love – Serunya acara Valentine dan Imlek SMAK 1 PENABUR

“Wo zhen de zhen de hen ai niiii!!!”

Penggalan kalimat yang disampaikan dalam bahasa Mandarin ini diambil dari salah satu bagian dari koreografi SMAK 1 PENABUR “SEREN1TY”. Mengapa bahasa Mandarin dan mengapa kalimat yang dipakai adalah kalimat untuk mengungkapkan rasa kasih sayang?

Rangkaian Acara Imlek&Valentine SMAK 1 PENABUR

Pada tahun 2017 ini tepatnya pada tanggal 14 Februari, SMAK 1 kembali mengadakan event tahunan untuk memperingati hari Valentine’s Day dan Chinese New Year yang bertema From China with Love. Yuk, ingat kembali berbagai keseruan yang ada sepanjang acara!

Acara bertema From China with Love ini dimulai pada pukul 11.00 setelah kegiatan belajar mengajar berakhir dan dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi lomba dan sesi perayaan. Panitia telah menyiapkan 2 macam lomba yaitu Berpacu Dalam Melodi yang dilakukan di lantai 7 dan Lipsync Battle di aula lantai 8.

Selain itu, panitia acara sudah menyediakan sarana bagi murid-murid SMAK 1 PENABUR yang tidak ikut berpartisipasi dalam lomba untuk menonton mini theater yang disediakan dalam 4 kelas. Mini theater adalah pemutaran sebuah film yang dilaksanakan di setiap kelas dan dapat ditonton oleh murid SMAK 1 dengan kuota terbatas.

 

 

Lipsync Battle adalah sebuah permainan dimana kita harus menirukan lagu yang akan diputar di atas panggung aula SMAK 1 PENABUR dengan mulut kita tapi tanpa menggunakan suara. Selain kefasihan setiap peserta terhadap lirik lagu, setiap juri juga menilai ketepatan koreografi terhadap lagu yang diputar. Sebagai contoh, jika lagu yang diputar tentang rasa rindu terhadap seseorang maka peserta harus dapat menyampaikan perasaan itu kepada penonton.

Permainan ini dilombakan antarkelas secara bergilir dan diwakili oleh 6 orang. Lagu yang diputar juga merupakan lagu yang sering kita dengar sehari-hari sehingga mempermudah kita untuk menghafal lirik lagunya.

Permainan ini sangat menarik untuk ditonton karena selain memperlihatkan kreativitas gerakan dan bahasa tubuh, juga memperlihatkan kekompakan setiap kelas. Partisipasi para penonton di dalam aula lantai 8 sangat terasa ditandai dengan berbagai gelak tawa dan antusiasme.

 

 

Perlombaan diakhiri sekitar pukul 1.00 dilanjutkan dengan rangkaian acara pertunjukan Valentine’s Day x Chinese New Year yang tak kalah menarik. Acara dimulai dengan pertunjukan SGE atau Smukiez Guitar Ensemble yang merupakan sebuah klub gitar ensembel di SMAK 1. Pada acara ini, SGE menampilkan keahlian mereka dalam bermain gitar dengan lagu yang sudah dimedley sedemikian rupa.

 

 

Perlombaan Lipsync Battle yang menarik banyak perhatian penonton tidak berakhir sampai disana, oleh karena itu para juri telah menentukan 3 pemenang untuk masuk ke babak final dari Lipsync Battle. Peraturannya kali ini berbeda, yaitu ke-3 kelompok diwajibkan untuk tetap di atas panggung dan menyimak lagu yang diputar. Saat nama kelas mereka dipanggil, maka mereka harus langsung berimprovisasi dengan koreografi mereka. Pemenang ditentukan dengan jumlah suara tepuk tangan penonton yang terbanyak.

 

 

Acara From China With Love tidak akan lengkap jika tidak ada penampilan dari F1RST. Dengan riasan wajah dan koreografi dansanya, F1RST berhasil mengambil hati setiap dari penonton.

 

Setelah penampilan F1RST, saatnya MASK yang menampilkan akting mereka. Dalam acara kali ini, MASK menampilkan sebuah drama yang bertema pemerintahan negara dengan ilustrasi kondisi negara yang sedang buruk akan tetapi raja hidup bermewah-mewah di istana. Penampilan MASK ditutup dengan tim pemusik dan penyanyi SMAK 1 PENABUR yang menampilkan duet dari lagu “Fly Me to The Moon” karya Frank Sinatra.

 

Adegan drama yang diperankan anggota-anggota tim drama SMAK 1 PENABUR “MASK”.

 

Seperti biasa SEREN1TY mendapat bagian sebagai penutup dalam acara ini. Walaupun tampil terakhir, akan tetapi penampilan SEREN1TY sukses menarik banyak perhatian penonton karena koreografinya yang sesuai tema dan mengandung unsur budaya China yang modern.

Jerih payah setiap pengisi acara dalam berlatih sangat terbalas dengan setiap penonton yang berpartisipasi dan mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir. Dengan diiringi tepuk tangan dan sorakan penonton, maka ditutuplah pertunjukan From China With Love ini.

 

SEREN1TY SMAK 1 PENABUR