Introduction To START SMAK 1 Penabur Jakarta

Hi SMUKIERZ, selamat datang di Web Official OSIS SMAK 1 BPK Penabur Jakarta. Di post hari ini akan dibahas tentang tim yang telah berjerih lelah untuk membuat website ini. Mereka menyebut diri mereka Smukie Technological Advancement and Research Team atau disingkat dengan START. Post ini akan menjelaskan seluk-beluk START Smuki.

Jadi, Apa sih itu START SMAK 1?

START SMAK 1

Logo START SMAK 1

START adalah tim dari anak – anak pengemar teknologi di SMAK 1. START merupakan program dari OSIS bidang 9 untuk mengfasilitasi minat di bidang Informatika dari siswa SMAK 1. START juga merupakan tim kerja di bidang IT dari SMAK 1 BPK PENABUR yang dibentuk untuk membantu pembuatan aplikasi digital yang dapat digunakan untuk mendukung program OSIS di smuki.

Apa saja sih yang dibuat di START?

Wah, banyaaak banget yang dibuat di START. Beberapa diantaranya:

Divisi di START ada apa aja?

Karena tugas start yang beragam mulai dari design website sampai pembuatan software secara umum START dibagi menjadi 3 divisi:

  1. Front – End DeveloperAnak – anak di bidang ini paling jago tuh kalau bahas HTML dan CSS, itu loh yang dulu dipelajari di SMP untuk bikin web. Bidang front end berfokus pada design visual dari website ini. Menunya bagusnya kayak gimana, tulisannya kebesaran atau ngak, dll. Kalau gak ada mereka sih mungkin website kita masih kayak website jaman dulu yang isinya cuman tulisan hitam dan background putih doang.
  2. Back – End Developer
    Tim coder, yang paling jago bikin – bikin software, mereka fokus pada usability dari website ini, penambahan fitur – fitur, dan juga pembuatan aplikasi seperti url shortener. Kalo butuh program buat bantu-bantu apa gitu, merekalah orang yang harus dicari.
  3. Illustrator – Bidang yang paling banyak cewenya, bidang ini berurusan dengan gambar mengambar dan desain grafis. Kebanyakan kerjaan mereka bareng dengan Front End, bidang Front End akan membuat layoutnya dan bidang Illustrator akan membuat gambar-gambar yang nanti akan mengisi layout dari front end.

Kalau mau masuk START harus jago banget ya?

Ngak kok, kami di START juga masih terus menerus belajar. Namun memang ada criteria tertentu yang dibutuhkan dari anak START. Berikut detailnya:

  1. Front End: Pengetahuan HTML dan CSS, bug fixing dengan code inspector
  2. Back End: Mengenal bahasa pemrogaman misal C++, PHP, atau JAVA.
  3. Illustrator: Jago gambar ( ya minimal bagus gambarnya 🙂 ) dan bisa memakai aplikasi pengolahan gambar digital(in short photoshop)

Kalau mau join gimana?

Kalau kalian punya kemampuan minimum diatas, ayo jangan sungkan untuk ikut dan hubungi Scott Moses di X MIA 1.

 

Sekian untuk Introduction ke Tim START SMUKI, See you on START!

Back End Team Coordinator,

Gennesaret Kharistio