OSIS SMAK 1 Logo
SMAK 1 Flag Ceremony Team

Kehidupan SMUKIERS

Dalam Bagian Ini

Tips Belajar SMUKIERS

"Selalu berusaha meraih yang terbaik"

belajar

Dengan banyaknya kegiatan murid SMAK 1 baik akademis, maupun juga non-akademis. Diperlukan strategi untuk mencapai keseimbangan antara berkegiatan dan istirahat. Menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa. Cara belajar yang efektif merupakan salah satu kunci dalam menjaga keseimbangan ini. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat memudahkan kita dalam proses pembelajaran.

Membuat to-do list

Banyaknya tugas dan ulangan terkadang membuat siswa-siswi kewalahan. Saat kewalahan, akan lebih sulit bagi kita untuk membagi waktu dengan baik. Alhasil, kita akan tidur lebih larut, belajar menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS), hingga telat mengumpulkan tugas. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menyusun keseharian dengan bantuan to-do list atau planner. To-do list dan planner dapat dapat membantu kita untuk membuat skala prioritas, serta dalam menetapkan target-target keseharian. Akan tetapi, harus diingat bahwa target yang telah ditetapkan juga harus diwujudkan.

Menguji diri

Riset membuktikan bahwa otak kita perlu diuji dengan metode retrieval practice, dimana kita menguji ulang materi yang dipelajari agar dapat benar-benar dipahami di dalam otak. Kita dapat mengujinya dengan mengerjakan berbagai latihan soal. Banyaknya soal latihan yang diberikan guru sebaiknya tidak dijadikan beban, tetapi sebagai bagian dari pembelajaran.Sedangkan, untuk hafalan, kita dapat membuat pertanyaan-pertanyaan dengan media flashcards, baik menggunakan kertas maupun media digital.

Membuat kelompok belajar

Kelompok belajar sangat membantu dalam kegiatan belajar. Mereka berfungsi sebagai support system untuk kita dan sebaliknya. Sesama anggota kelompok belajar bisa saling mengingatkan satu sama lain untuk belajar, melontarkan pertanyaan untuk menguji pemahaman, dan saling berbagi catatan kita agar materi pembelajaran menjadi lebih lengkap. Hal ini tentunya akan menguntungkan setiap orang dalam proses pembelajaran.

Istirahat

Istirahat diperlukan untuk membantu meningkatkan kemampuan otak dan mempertajam ingatan . Proses belajar yang ideal adalah belajar sekitar 45 menit lalu diselingi istirahat beberapa menit. Akan lebih ideal, bila bahan tersebut dicicil dengan jeda waktu yang cukup terutama untuk materi hafalan. Dengan begitu, kita dapat beristirahat dengan waktu yang cukup. Jangan paksakan otak untuk belajar berjam-jam. Ingatlah bahwa selain belajar, kita harus tetap memperhatikan kesehatan fisik dan mental kita.

Selain beberapa tips tersebut, hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif adalah Pola pikir growth mindset.Growth mindset merupakan sebuah pola pikir yang menekankan bahwa kecerdasan kita dapat terus menerus berkembang jika kita berusaha. Dengan memiliki pola pikir ini, siswa- siswi diharapkan untuk menjadi lebih pantang menyerah dan lebih berani dalam menghadapi tugas maupun penilaian yang menantang.

BPK PENABUR LogoOSIS SMAK 1 Logo

Jalan Tanjung Duren Raya Nomor 4
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470
Tel:(+62)21 5666962

Hubungi Kami

Copyright © 2021 SMAK ONE Student Council All Rights Reserved