Memanfaatkan Liburan Dengan Bermacam Kegiatan

Memanfaatkan Liburan SMAK 1 Dengan Bermacam Kegiatan

Halo Smukierz! Seperti yang kita tahu, pekan liburan SMAK 1 akan segera tiba. Mungkin ini merupakan sebuah kesempatan yang sudah dinanti banyak siswa. Setelah melalui satu semester yang melelahkan, kita dapat bersantai sejenak untuk melakukan kegiatan yang terlepas dari rutinitas kita sehari-hari di sekolah. Tentunya, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari liburan. Selain menghilangkan stress sebelum memasuki semester yang baru, kita juga mendapat banyak waktu luang yang dapat dialokasikan untuk berbagai kegiatan. Teman-teman pasti ingin memanfaatkan liburan ini dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan langka di SMAK 1 ini, saya akan memberikan beberapa saran kegiatan yang dapat membuat liburan lebih bermanfaat dan menyenangkan.

Isi aktivitas hari-hari libur dengan hobi

Saat libur, tentunya teman-teman memiliki lebih banyak waktu luang ketimbang saat pekan-pekan sekolah. Seringkali, kita tidak dapat melaksanakan hobi saking padatnya aktivitas sekolah. Rutinitas sekolah mulai dari ulangan harian hingga kegiatan ekstra kurikuler wajib menjadi penghalang untuk menyalurkan passion dalam bentuk hobi. Kita dapat merutinkan berbagai hobi positif setiap harinya saat liburan.

Berbicara tentang hobi, tentunya hal tersebut merupakan hal subjektif setiap orang. Tentunya, banyak sekali manfaat menjalankan hobi yang positif, mulai dari menambah pengetahuan sampai menambah pengalaman mencoba hal-hal yang baru. Saya sendiri termasuk orang yang mempunyai banyak hobi. Jadi, masa libur dari SMAK 1 merupakan waktu yang tepat untuk menjalankan semuanya.

Sebaliknya, kita harus menjaga diri dari melakukan hobi yang kurang bermanfaat secara berlebihan.

Jaga Kesehatan dengan Berolahraga

Tentunya, banyak sekali waktu luang yang dapat digunakan untuk berolahraga saat liburan. Mungkin, saat hari-hari sekolah di SMAK 1 teman-teman tidak punya waktu cukup untuk berolahraga.Selain dapat menjaga kesehatan otot dan rangka, olahraga juga dianggap dapat menjaga berat badan untuk segelintir orang. Olahraga dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatan saat kurangnya kegiatan fisik saat liburan. Olahraga akan lebih bermanfaat lagi jika dilakukan di lingkungan segar bebas polusi.

Banyak sekali ragam olahraga yang dapat teman-teman lakukan, sendirian maupun berkelompok. Tentu saja, yang saya maksud bukan olahraga mental maupun elektronik layaknya catur atau doto, melainkan olahraga fisik. Banyak teman dekat saya yang mungkin sudah berencana untuk main futsal di salah satu lapangan futsal indoor. Selain bebas dari polusi, futsal indoor dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk menunjang olahraga tersebut. Kekurangannya, ya harus bayar.

Refreshing dengan Jalan-Jalan ke Tempat Baru

Memanfaatkan liburan dengan jalan-jalan.

Pergi ke luar rumah dan mencoba situasi yang berbeda dari rutinitas (khususnya rutinitas di SMAK 1) mungkin dapat menjadi pilihan kegiatan liburan teman-teman nanti. Saya yakin banyak di antara teman-teman yang sudah memiliki rencana liburan ke luar kota bahkan ke luar negeri bersama keluarga. Mungkin ini merupakan solusi yang tepat untuk sebagian kita yang bosan dengan kepenatan di kota Jakarta ini. Namun, tentu saja masih banyak dari antara kita yang belum bahkan tidak memiliki rencana untuk pergi ke luar kota untuk liburan kali ini, contohnya saya.

Masih banyak tempat yang masih dapat kita kunjungi bersama keluarga atau komunitas selagi libur. Mal atau pusat perbelanjaan sudah sering menjadi sasaran banyak muda-mudi kekinian untuk jalan-jalan. Namun, masih banyak tempat lain di kota Jakarta yang luas ini untuk dikunjungi. Saya sendiri sebagai orang yang kurang piknik juga berencana untuk hang out bersama dengan komunitas saya ke tempat yang baru.

Nonton Film di Bioskop

Memanfaatkan liburan dengan nonton bioskop.

Ngomong tentang jalan-jalan, tidak lengkap tanpa dibarengi nonton film baru di bioskop terdekat. Mungkin ini salah satu aktivitas yang termasuk sering dilakukan banyak orang di akhir pekan setelah lima hari sekolah di SMAK 1. Saat liburan, mungkin teman-teman tertarik untuk menonton judul-judul film yang baru keluar di bioskop. Nonton bioskop akan lebih menyenangkan ditemani oleh teman dekat. Atau mungkin, teman-teman mau mencoba pengalaman baru dengan nonton sendirian di bioskop? Siapa tahu.

Atau mungkin, teman-teman sudah bosan nonton di bioskop, dan ingin menonton film lama yang sudah keluar lebih dulu. Banyak judul-judul film bioskop dan juga serial drama atau animasi yang dapat kita tonton di rumah sendirian atau bareng-bareng. Atau, teman-teman ingin bernostalgia dengan menonton ulang film-film lama yang sudah pernah ditonton. Juga, mungkin teman-teman lebih tertarik untuk menonton youtuber kesayangan di platform Youtube.

Menggali Informasi Melalui BukuMemanfaatkan liburan dengan membaca buku.

Seperti pepatah “buku adalah jendela dunia“, buku dapat kita gunakan untuk meningkatkan pengetahuan kita. Mungkin ini terdengar kurang relevan, apalagi setelah banyaknya media informasi lain seiring perkembangan zaman. Tapi, tahukah teman bahwa informasi-informasi dalam buku cenderung jauh lebih matang persiapannya ketimbang hanya membaca sekilas melalui berbagai situs informasi seperti wikipedia. Coba bayangkan saja, bagaimana buku dapat sampai ke tangan teman-teman. Tentu buku tersebut butuh sangat banyak pikiran mulai dari perancangan, revisi, sampai marketing. Apalagi buku populer yang sudah diterima masyarakat luas, pasti buku tersebut tidak sembarang tulis, kan?

Bahaya Bermalas-malasan Saat Liburan

Selama libur dari aktivitas di SMAK 1, otak kita berjalan tanpa arah yang jelas jika tidak dimanfaatkan untuk berpikir intensif. Menurut psikolog Jerman, Siegfried Lehrl, liburan selama 2 minggu yang dipenuhi dengan kemalasan dapat menurunkan poin IQ hingga 20 poin disebabkan oleh berkurangnya asupan oksigen ke otak yang mengakibatkan degradasi saraf otak. Efek ini diduga lebih dari efek merokok ganja maupun alkohol dalam takaran tertentu.

Buku dapat digunakan sebagai alat untuk menjaga kesehatan otak saat liburan, apalagi jika dibaca menggunakan teknik membaca yang tepat. Membaca buku dalam kondisi gelombang otak alpha maupun theta dapat meningkatkan penyerapan informasi dalam buku serta meningkatkan kreativitas dan melatih memori. Membaca buku yang kita senangi tidaklah seperti menghafal buku sejarah saat mau ulangan. Malah, seharusnya kita tidak boleh membiasakan diri membaca buku layaknya ingin menghafal, yang membawa otak kedalam kondisi tertekan. Kita harus membawa semangat positif dalam membaca. Membaca buku sambil mendengarkan musik favorit juga dapat menjadi pilihan, secara mendengarkan musik dapat meningkatkan ketenangan dan fokus saat membaca.

Banyak sekali judul buku yang dapat kita baca, mulai dari novel remaja hingga fisika teoritis. Di zaman digital ini, kita juga dimudahkan untuk memperoleh buku untuk dibaca. Kita dapat membeli buku secara online maupun mendapatkan buku gratis bebas royalti. Mungkin teman-teman juga sudah mendengar penjelasan Pak Aryo tentang e-library perpustakaan SMAK 1 PENABUR. Perpustakaan digital ini merupakan kolaborasi antara pihak PENABUR dengan toko buku online Scoop yang sudah terjamin kualitasnya. Jika sudah mendapat akun untuk log in ke dalam aplikasi tersebut, teman-teman dapat meminjam buku sepuasnya dengan mudah. Saya sendiri sudah membaca lebih dari 6 buku non-fiksi dalam 2 hari belakangan ini melalui perpustakaan digital ini.

TidurMemanfaatkan liburan untuk tidur.

Ya, tidur. Sebagai makhluk hidup, manusia sangat butuh tidur untuk mempercepat regenerasi sel yang rusak. Banyak sekali dampak negatif dari sleep deprivation mulai dari hilangnya emosi sampai menurunnya memori jangka panjang. Sebagai siswa SMAK 1 PENABUR, banyak di antara kita yang sering begadang maupun bangun sangat pagi untuk mempersiapkan ulangan harian. Menurut pakar, kurang tidur akan menghasilkan utang tidur yang harus kita bayar. Utang ini tidak dapat dibayarkan dalam sekejap saja, namun harus melalui proses yang berkelanjutan. Oleh karena itu, sebaiknya liburan digunakan untuk melakukan proses istirahat alami ini, untuk membayar utang tidur.

Nah itu dia beberapa kegiatan yang dapat di lakukan di masa libur. Kegiatan-kegiatan ini murni berdasarkan opini saya, jadi mungkin kalian memiliki ide masing-masing tentang rencana aktivitas liburan kalian.