OSIS SMAK 1 Logo
SMAK 1 Flag Ceremony Team

Kegiatan

Dalam Bagian Ini

PRAMUKA

"Ambalan Soekarno-Fatmawati Siap!"

Pramuka

Pramuka merupakan organisasi non akademik yang juga berfungsi sebagai wadah pendidikan keterampilan dan karakter. Pramuka SMAK 1 PENABUR Jakarta sendiri dibimbing dengan 22 pembina (guru) dan 33 Dewan Ambalan (siswa) yang juga turut serta berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sebagai berikut:

Kegiatan Rutin

Ekstrakurikuler Pramuka wajib diikuti siswa kelas 10 selama 90 menit setiap hari Rabu seusai sekolah. Materi yang diberikan pun beragam, mulai dari keterampilan dasar ke-Pramukaan seperti, menaksir jarak, tali temali, baris-berbaris, sandi pramuka, hingga keterampilan sehari-hari seperti, public speaking, menanam tanaman hidroponik, daur ulang, kewirausahaan, dan masih banyak lagi. Sedangkan siswa kelas 11 dan kelas 12 hanya diwajibkan untuk mengikuti apel mingguan di kelas masing-masing.

Baden Powell Challenge

Baden Powell Challenge merupakan kegiatan yang diadakan untuk siswa kelas 10 dalam memperingati hari Baden Powell sebagai bapak pramuka. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan selama 2 pertemuan pada bulan Februari dan diisi dengan banyak games seru seperti permainan post to post yang tentunya mengandung nilai kepramukaan seperti ketangkasan, keterampilan simpul, dan lain-lain.

Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu)

Seperti namanya, Perjusa merupakan kegiatan perkemahan yang biasanya diadakan pada hari Jumat dan Sabtu. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMAK 1 PENABUR dan dilaksanakan di sekolah. Berbeda dengan dua kegiatan sebelumnya, kegiatan ini dirancang untuk siswa kelas 10 dan 11 secara terpisah. Pada kegiatan PERJUSA materi kepramukaan yang telah diberikan selama setahun akan diulas kembali dalam bentuk games dan perlombaan.

Level Semakin Menantang

DofE mengajak para pesertanya untuk mau mengembangkan diri masing-masing dengan komitmen. Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat penghargaannya, kegiatannya akan memakan lebih banyak durasi dan keterampilan diri.

Raimuna

Raimuna merupakan kegiatan perkemahan selama 2 hari yang diadakan seusai penilaian akhir tahun guna membentuk karakter dan memupuk kerja sama antar pelajar. Berbeda dengan kegiatan PERJUSA, raimuna dilaksanakan di luar sekolah dengan siswa dari seluruh PENABUR sebagai pesertanya. Kegiatan yang dilakukan saat berlangsungnya Raimuna, seperti kebersamaan siswa seperti, memasak bersama di tengah perkemahan, talent show, materi P3K, dan api unggun, akan mempererat hubungan antar siswa.

Untuk info lebih lanjut mengenai kegiatan pramuka dan dewan ambalan dapat mengunjungi instagram @dasmukie atau menghubungi dewan ambalan dan pembina.

BPK PENABUR LogoOSIS SMAK 1 Logo

Jalan Tanjung Duren Raya Nomor 4
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470
Tel:(+62)21 5666962

Hubungi Kami

Copyright © 2021 SMAK ONE Student Council All Rights Reserved