OSIS SMAK 1 Logo
SMAK 1 Flag Ceremony Team

Kegiatan

Dalam Bagian Ini

The Duke of Edinburgh’s International Award

"Penghargaan bagi kamu yang suka berpetualang sambil mengembangkan kemampuan"

Penghargaan Internasional Duke of Edinburgh (The Duke of Edinburgh’s International Award) merupakan kerangka pendidikan dan pembelajaran non-formal yang beroperasi di lebih dari 130 wilayah dan negara. Program yang lebih dikenal dengan nama DofE ini dipelopori oleh Pangeran Philip, Kurt Hahn, dan Lord Hunt pada tahun 1956 di Inggris. Program ini bertujuan untuk membimbing para remaja dalam melalui masa transisi mereka menuju kedewasaan.

Program DofE sudah dirancang dengan baik sehingga kaum muda akan merasa tertantang untuk mengisi masa remaja mereka dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang produktif. Berikut merupakan beberapa fitur program DofE:

Akses Universal

Organisasi kepemudaan, sekolah, dan lembaga-lembaga lain dapat menjadi pusat penghargaan resmi yang berhak untuk menjalankan program DoFe.

Non-Kompetitif

Dalam menjalankan DofE, tidak mengenal istilah “gagal” atau “kalah”. Menunjukkan usaha yang maksimal dan memenuhi persyaratan utama seperti durasi dan merekam aktivitas akan membuat seorang peserta dapat meraih penghargaan mereka.

Program Yang Seimbang

Dalam DofE, terdapat tiga tingkat penghargaan , yakni Perunggu (Bronze), Perak (Silver) dan Emas (Gold). Untuk peserta Bronze dan Silver, terbagi menjadi empat sektor kegiatan. Yakni meliputi Pelayanan Masyarakat, Rekreasi Fisik, Skills dan Ekspedisi. Untuk peserta tingkat Gold, wajib melakukan Gold Residential Project untuk melengkapi program tersebut. Setiap peserta dapat memilih sendiri aktivitas yang dilakukan dalam setiap sektor, sesuai dengan minat dan passion-nya.

Level Semakin Menantang

DofE mengajak para pesertanya untuk mau mengembangkan diri masing-masing dengan komitmen. Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat penghargaannya, kegiatannya akan memakan lebih banyak durasi dan keterampilan diri.

Partisipasi Sukarela

Sebagian besar waktu yang diperlukan untuk melakukan kegiatan harus dilakukan dalam waktu bebas peserta sendiri, sehingga ada kebebasan yang lebih luas untuk mengatur penyelesaian programnya. Tidak ada paksaan sama sekali dalam menjalani kegiatan ini.

Pengakuan Prestasi

Adanya komunikasi dan pengakuan langsung dari Pemimpin Penghargaan dan Penilai Aktivitas kepada para peserta dapat menjadi motivasi dalam proses pengembangan diri. Melalui program DofE, diharapkan dapat membuka banyak potensi, bakat, dan kegigihan yang dimiliki oleh para remaja di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website di https://intaward.org/ atau menghubungi wali kelas masing-masing.

BPK PENABUR LogoOSIS SMAK 1 Logo

Jalan Tanjung Duren Raya Nomor 4
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470
Tel:(+62)21 5666962

Hubungi Kami

Copyright © 2021 SMAK ONE Student Council All Rights Reserved