Daniel Ezra

Kata siapa berprestasi cuma bisa dari segi nilai? Smukie memang dikenal dengan prestasi akademik yang luar biasa, tetapi Smukie juga berprestasi di bidang nonakademik. Kalian pasti familiar dengan nama Daniel Ezra. Yup, salah satu notable alumni Smukie yang berprestasi di bidang dance!

Daniel Ezra

Daniel Ezra

Daniel Ezra adalah seorang alumni Smukie tahun 2017. Selama menjadi murid Smukie, ia menekuni bakatnya di bidang dance dan berprestasi di bidang nonakademik. Meskipun sibuk sebagai seorang mahasiswa, ia aktif mengikuti organisasi mahasiswa, juga sering mengajar dan menekuni job yang beragam, mulai dari membantu membuat music video, mengisi acara on air dan off air, bahkan juga merupakan student ambassador di salah satu bank.

Kak Ezra dulunya merupakan anggota SEREN1TY dan sempat menjadi ketua di organisasi dance tersebut. Di SEREN1TY-lah ia mendalami bakatnya dan juga memperluas wawasannya mengenai dance. Menurutnya, pengalamannya di SEREN1TY itu seru banget dan terasa sangat kekeluargaan. Selain itu, ia juga belajar banyak dari tantangan yang ada selama menjadi anggota SEREN1TY, seperti leadership skills and problem solving ketika ada masalah. Ia dulu juga merupakan panitia Smakonecup di bidang MD BBOY, yang cukup bergengsi dengan kompetisinya sangat ketat. Di samping itu, ia juga mendapatkan banyak kesempatan untuk tampil.

Menurutnya, Smukie itu melatih mental banget. Dari pengalamannya, pelajarannya memang cukup sulit, bahkan terkadang harus remedial. Dari situ ia belajar bahwa sesulit apapun situasinya, jika kita ada niat dan mau berusaha, pasti bisa dijalankan. Ia juga belajar mental tahan banting dan tidak takut gagal. Terkadang, meskipun sudah belajar, hasilnya tidak memuaskan. Maka, ia perlu mengevaluasi lagi di mana kesalahannya dan cara memperbaikinya.

Smukie juga sangat melatih time management skill, yaitu bagaimana cara menyeimbangkan nilai dengan kegiatan - kegiatannya. “Everyone has their own race,” kutipnya. Semua orang memiliki kemampuan yang berbeda - beda, masing - masing memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri, jadi jangan terpaku dengan hasil orang lain, tetapi fokus untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik. Diri kita sendirilah yang harus kita kalahkan, jadi jangan membandingkan diri dengan orang lain.

Pesannya untuk Smukiers adalah enjoy the process. Masa SMA adalah sebuah fase yang menyenangkan dan tidak bisa diulang. Meskipun tergolong sulit, tetaplah mencoba untuk aktif mengikuti kegiatan dan juga organisasi, karena melalui itu kita bisa memperluas wawasan dan koneksi, mendapatkan teman baru, dan melakukan hal - hal menarik yang akan menjadi pengalaman yang berarti. Jadikan masa SMA sebagai sebuah memori berarti yang dapat diceritakan di kemudian hari. Jangan lupa juga dengan nilai, karena nilai merupakan tanggung jawab kita. Work hard play hard!