Christopher Marc Prajogo

Hai Smukiers ! kenalin salah satu alumni kita yang jago banget main badminton, Christopher Marc Prajogo atau yang biasanya disapa akrab Titi. Dia lulus pada tahun 2018 dan sekarang ini sedang melanjuti kuliah di jurusan Bio Technology di UC Davis, Amerika Serikat. Selama di Smukie, dia mengikuti banyak kegiatan. Dia mengikuti OSIS bidang 1 selama dua tahun, Kriza badminton, paskibra, panitia badminton SMAK ONE Cup, Smukiez Choir dan kegiatan lain-lain. Dia juga mengikuti dan menjuarai lomba-lomba badminton di cup sekolah lain.

Christopher Marc Prajogo

Christopher Marc Prajogo

Menurutnya, masa sekolah di Smukie merupakan salah satu masa-masa yang terbaik di hidupnya. Ada banyak organisasi yang bisa diikuti dan jenisnya yang bermacam-macam dari bidang olahraga sampai seni yang bisa membantu murid-murid disana dalam mencari pengalaman dan teman- teman baru. Ini juga bisa membuat murid-murid untuk berkembang dalam keahlian yang disukainya. Ada juga klub-klub lomba akademik yang biasanya mengikuti lomba di dalam atau luar negeri, seperti klub matematika, biologi, ekonomi dan lain-lain. Kemudian, guru-guru yang mengajar juga bisa dianggap sebagai teman dan diajak bercanda tapi tetap tegas dan serius saat mengajar di kelas. Ini membuat banyak murid merasa lebih nyaman dan dekat dengan guru-guru.

Walaupun mengikuti banyak kegiatan di sekolah, ada saatnya dia masih merasa susah beradaptasi. Cara yang dia lakukan untuk mengatasi adalah dengan mencoba bergaul dengan berbagai orang di sekitarnya yang bisa membantunya beradaptasi lebih cepat. Tentunya, bukan orang-orang yang mengajak hal-hal negatif, seperti membolos dan lain-lain. Jika ada masalah dalam hal yang tidak bisa kita tangani sendiri, kita bisa meminta bantuan teman-teman atau orang terdekat kita. Jangan takut dan ragu untuk mengajak konseling ke guru-guru BK. Guru BK akan memberikan saran atas masalah kita.

Terakhir, pesan yang disampaikan untuk murid-murid Smukie sekarang ini adalah pelajaran yang dipelajari mungkin susah tapi kita bisa mencoba untuk dibawa enjoy sehingga kita tidak menjadi terlalu stress. Masa SMA ini perlu kita nikmati jadi jangan sampai dibawa terlalu stress. Meskipun ada saatnya belajar di Smukie terasa berat, kita pasti bisa melaluinya. Masalah yang kita hadapi ke depannya belum tentu akan lebih ringan dibanding saat di Smukie. Menurutnya, masa saat SMA masih ibarat liburan dibanding ke depannya. Jadi, masa SMA ini lebih baik dinikmati semaksimal mungkin. Kita bisa meminta bantuan teman atau guru BK jika kita memiliki masalah yang tidak bisa diatasi sendiri. Selama di Smukie, lebih baik mencari banyak teman agar jika ada suatu masalah, kita bisa meminta bantuan ke mereka. Punya banyak teman akan membantu kita selama masa sekolah dan masa ke depannya.