Seivabel Jessica

Seivabel Jessica adalah salah satu alumnus Smukie angkatan 2020. Untuk melanjutkan studi, ia akan berkuliah di City University of Hong Kong dan mengambil jurusan Data Science. Kali ini, Seivabel menceritakan pengalamannya ketika bersekolah di Smuki dan berbagi sedikit hal tentang bernyanyi.

Seivabel Jessica

Seivabel Jessica

Smuki and I

“Smuki itu bener-bener capek, tapi juga bener-bener shapes you as a person dalam hal perilaku, kedisiplinan, dan juga ngelatih mental.” Namun, menurutnya bersekolah di Smuki nggak melulu tentang belajar—Smuki juga sering menyelenggarakan acara-acara dan memiliki banyak club yang dapat mengasah talenta dan passion. Selain itu, Seivabel bisa belajar berorganisasi di Smuki dengan menjadi panitia Smakonecup (SOC) selama tiga tahun.

Seivabel sering mendapatkan nilai yang bagus selama belajar di Smuki, namun juga pernah mengalami remedial. Tetapi pada akhirnya, ia berpendapat bahwa nilainya telah mencerminkan usaha yang sudah dilakukan selama tiga tahun. Ia pernah menjadi bagian dari Panitia Dana SOC dan juga aktif menjadi penyanyi dalam band Smuki alias Cressendo selama tiga tahun. “Dulu suka ikut lomba band bareng Cressendo dan puji Tuhan, meraih juara di semua lomba yang diikutin,” ujarnya.

Sepanjang perjalanan belajarnya di Smuki, Seivabel pernah struggling dalam beberapa hal. Misalnya, saat awal bersekolah di Smuki, ia harus menyesuaikan diri dengan perbedaan lingkungan dan teman-teman baru karena sekolah asalnya non-Penabur, namun tentunya ia semakin terbiasa. “Tapi, ya, friends come and go. Itu ga bisa dihindarin, but I’m thankful karena masih deket sama orang-orang yang udah nemenin dari pertama kali masuk Smuki.” Nggak hanya itu—pelajaran Smuki yang terasa susah dan banyaknya ulangan atau tugas yang diberikan juga menuntut mental yang kuat dan pengaturan waktu yang baik, apalagi jika masih ada hal lain yang harus dikerjakan. Karena itu, support system sangat penting. Teman-teman yang bisa diajak belajar bersama dan mau saling mengajar dapat membuatnya nggak merasa sendiri dalam menghadapi semua kesulitan.

Hobi Bernyanyi

Seivabel mulai gemar bernyanyi sejak sekitar kelas II. Ia juga cukup sering mengikuti lomba menyanyi solo semasa SD-nya. Sekarang, ia sering mengunggah video lagu original dan cover lagu di media sosialnya seperti di Instagram dan di kanal YouTube Seivabel Jessica. Boleh banget dicek, nih! Selain bernyanyi, Seivabel juga gemar bermain gitar dan kulineran.

Menurutnya, memiliki passion dalam bernyanyi sangatlah penting bagi para penyanyi. Meski memiliki kemampuan yang baik, ada perbedaan yang akan terlihat di antara penyanyi yang memang senang bernyanyi dan yang tidak. Ia juga menyarankan untuk menghindari makan atau mengonsumsi susu sebelum bernyanyi. Hal terpenting lainnya adalah latihan. “Jangan pernah merasa udah paling jago karena most probably, you’re not,” pesannya.

Terakhir, kami meminta sedikit pesan dari Seivabel untuk Smukiers saat ini. “Kayaknya ga gitu qualified untuk ngasih advice, tapi I would tell my old self untuk kurangin komplain dan jangan sering menunda-nunda. Don’t beat yourself up for one bad grade. Kesehatan fisik dan mental harus tetep jadi prioritas utama, jadi it’s okay to rest and relax.”